Ini Dia Jenis Dan Juga Fungsi Dari Flange Pipa

Flange pipa merupakan suatu perlengkapan yang dingunakan buat menyambungkan antara 2 buah sistem pemipaan, menyambungkan antara pipa dengan ekuipment, apalagi buat menyambungkan pipa dengan valve ataupun instument lainya. Yang jadi persoalan, jika cuma buat menyambungkan mengapa tidak di las saja? Untuk anda yang mencari tempat jual flange jakarta bisa ke alvindocs.com.


Persoalan bagus, jika kedua pipa di las memanglah hendak sangat kencang serta kokoh penyambungannya. Tetapi, tujuan utama pengunaan flange ini nantinya bisa di lepas, jadi pipa dengan pipa, ataupun pipa dengan ekuipmentnya nantinya bisa di lepas kembali.

Flange pipa bagaikan komponen buat mencampurkan antara 2 buah pipa dan juga valve ataupun equipment yang lain. Setelah itu gabungan itu direkatkan menggunakan baut jadi satu kesatuan dan menjadi kuat. Flange pipa mempunyai sebagian dimensi serta tipe tergantung pada desain serta spesifikasi yang diinginkan.

Pipa yang sebelumnya terpisah tersebut dijadikan satu bagian buat tujuan konstruksi tertentu. Flange ini umumnya digunakan buat membuat satu sambungan yang permanen. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan kalau flange dalam perpipaan ialah usaha menyambungkan 2 partisi jadi satu supaya lebih gampang.

Jenis- Jenis Flange Pipa Bersumber pada Bentuknya

Flange pipa biasanya digunakan pada pipa gas bertekanan besar maupun

pada saluran air yang ukurannya panjang. Perlengkapan inilah yang mengambil peranan berarti buat menyatukan bagian- bagian tersebut. Flange ini dipecah jadi sebagian tipe, ialah bagaikan berikut:

  • Socket Flanges( Flange Jenis Socket)

Flange ini mempunyai penahan pada sisi luarnya. Perihal ini bertujuan buat membuat pipa yang disambungkan ke dalamnya tidak tembus keluar.

  • Slip On Flanges( Flange Jenis Slip On)

Jenis flange ini diucap slip one sebab cuma masuk sebagian. Sebaliknya sisi dalam serta luarnya hendak lewat proses welding( las). Hingga tidak heran bila diameter dalam flange slip on ini harus terbuat lebih besar dibanding diameter luarnya.

  • Lap Joint Flanges

Tipe flange pipa ini dapat diputar pada posisi lubang baut. Tetapi, tipe ini tidak dianjurkan buat fluida bertekanan besar. Flange ini mirip dengan tipe slip on flanges. Gunanya juga nyaris sama, ialah buat menyatukan pipa utama supaya tahan serta tidak memunculkan celah antara sambungan pipa.

Bila terjalin kebocoran pada sambungan pipa akibatnya sangat kurang baik serta merugikan. Tidak cuma untuk area alam, tetapi pula untuk pekerja yang terletak di sekitarnya.

  • Weldneck Flanes( Flange Jenis Weldneck)

Flange pipa tipe ini merupakan yang sangat banyak digunakan dalam sesuatu konstruksi. Perihal ini sebab sifatnya yang lebih gampang disambungkan dengan elemen pipa yang lain. Tidak hanya itu, penggunaannya sangat fleksibel baik pada fluida bertekanan rendah ataupun besar.

Dinamakan weldneck sebab wujudnya yang menguncup di bagian lehernya serta terus menjadi mengecil pada bagian ujung. Ujung tersebut terbuat kecil buat tujuan akomodasi selang ataupun pipa yang ukurannya membiasakan. Walaupun bisa digunakan di bermacam tekanan, flange ini lebih banyak digunakan pada pipa gas bertekanan besar.

  • Threaded Flanges( Flange Jenis Ulir)

Cocok dengan namanya, jenis flange ini memakai tata cara penyambungan dengan metode ulir. Pemakaian flange pipa ini umumnya pada plant ataupun sistem yang rawan terhadap kebakaran. Terlebih pada bagian yang memakai las ataupun welding.

Sekilas, flange ini mirip dengan gasket. Sederhananya, flange jenis ulir diucap bagaikan penyambung pipa. Pemakaian flange tipe ini sesuai buat pipa gas dengan tekanan besar. Perihal ini sebab materialnya yang sangat tebal serta kuat. Dengan demikian, bahan ini sangat berguna buat mencampurkan sebagian bagian pipa sekalian.

  • Reducing Flange

Flange pipa ini mempunyai guna utama buat menyambungkan pipa dengan diameter yang berbeda. Baik perbandingan pada diameter dalam ataupun luarnya.

  • Blind Flanges

Blind flanges pada dasarnya berperan buat menutup aliran. Metode kerjanya kurang lebih sama dengan fitting. Flange ini tidak mempunyai lubang di tengahnya sehingga wujudnya rata. Tipe flange ini berperan bagaikan penutup. Oleh sebab itu, tidak heran bila flange ini diketahui bagaikan bagian akhir dari tipe sambungan pada pipa.

Dinamakan blind flange sebab barang ini jadi penghalang terakhir dari pipa. Tipe flange ini digunakan buat memblokir aliran fluida pada bagian akhir yang diketahui lumayan rentan. Oleh sebab itu, bagian ini biasanya hendak menerima tekanan yang lumayan besar. Tekanan ini berasal dari posisi dini pipa sehingga berperan bagaikan penahan terakhir.

Post a Comment

0 Comments