Mengenal Bunga Flat untuk Menghitung Kisaran Cicilan Kredit Mobil

Semua jenis kredit pasti memiliki bunga dalam bentuk persentase yang akan dikalikan dengan nilai pokok pinjaman. Begitu pula kredit mobil dari lembaga pembiayaan yang menawarkan promo terbaru Mitsubishi Xpander. Di antara beberapa jenis bunga kredit,  bunga flat merupakan salah satu yang banyak digunakan.


UKM Indonesia – “Bunga flat merupakan jenis bunga yang paling banyak ditemui dan paling mudah dihitung dalam skema perkreditan. Prinsip utama perhitungan bunga flat sangat sederhana: angsuran pokok awal dikalkulasikan dengan suku bunga tetap. Sehingga, nominal angsuran per bulan yang harus dibayarkan nasabah tidak akan berubah (selalu sama).”

Bunga Flat

Bunga flat dan sistemnya dalam cicilan

Besaran cicilan kredit mobil Anda di bulan pertama hingga terakhir akan bernilai sama jika menggunakan jenis bunga ini. Meski begitu, bukan berarti semua nasabah mendapatkan porsi bunga flat yang sama bila hendak membeli barang yang sama, ya. Pasalnya, perhitungan bunga flat atau bunga tetap ini mengacu pada pokok utang awal dan kemampuan finansial tiap nasabah.  

Bunga flat umumnya digunakan pada kredit untuk belanja barang-barang konsumtif seperti Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dengan nominal harga barang yang cukup besar, seperti mobil, misalnya, bunga flat jelas menjadi idaman mayoritas konsumen. Sebab konsumen bisa mengatur pos pengeluaran untuk pelunasan angsuran dengan lebih baik. Selain itu, bunga flat juga membebaskan nasabah dari kekhawatiran akan naik-turunnya suku bunga sesuai ketetapan Bank Indonesia.

Cara menghitung kisaran cicilan kredit mobil dengan bunga flat

Lantas, bagaimanakah cara menghitung kisaran cicilan kredit mobil dengan bunga flat?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bunga flat mengacu pada pokok utang awal. Rumus penghitungan besaran cicilan dengan bunga flat adalah:

Katakanlah Anda mengangsur Mitsubishi Xpander Ultimate dengan harga Rp270 juta selama 5 tahun, dan bunga flat yang Anda dapatkan dari lembaga keuangan sebesar 3% per tahun. Maka perhitungan besaran cicilan per bulan Anda seperti berikut:

 

Nominal Rp4,6 juta tersebut harus Anda bayarkan secara konstan per bulan sebanyak 60 kali hingga cicilan kredit mobil Anda lunas. Bagaimana? Apakah informasi di atas cukup membantu Anda? Semoga bermanfaat, ya!

Post a Comment

0 Comments