Yuk, Kenali 7 Jenis Printer untuk Mencetak Dokumen

Printer merupakan salah satu mesin pencetak yang diciptakan untuk membantu manusia. Baik, dalam mencetak di media kain, kertas, banner (periklanan), kemasan-kemasan produk perusahaan, perumahan, maupun untuk keperluan lainnya.


Terdapat beberapa jenis printer yang biasanya digunakan untuk mencetak berbagai keperluan tersebut, di antaranya:

1.    Printer Dot-Matrik

Printer jenis ini tergolong tradisional karena penggunaannya yang lebih lambat serta mengeluarkan bunyi bising saat digunakan. Bentuk tulisan yang dikeluarkan dari printer ini membentuk titik-titik yang dihubungkan. Serta warna yang dihasilkan hanya 3 (tiga) jenis, yaitu hitam, merah, dan biru.

2.    Printer Daisy Wheel

Printer pencetak satu ini membentuk karakter dengan mengandalkan hammer dan karbon. Dengan menekan hammer (palu/ pemukul) pada karbon (pita) maka dapat  membentuk karakter cetakan yang akan dicetak.

3.    Printer Ink-Jet/ Bubble Jet

Printer jenis ini sudah menggunakan tinta warna (tinta cair), yang mempunyai banyak jenis atau variasi warna. Hasil cetakan dari printer ini lebih bagus dan halus, tapi hasil cetakannya harus menunggu beberapa saat hingga tinta kering.

4.    Printer Chain

Printer Chain biasanya menggunakan rantai. Pada rantai tersebut terdapat karakter yang nantinya akan digunakan untuk mencetak media sesuai dengan karakter yang dipilh. Printer jenis ini termasuk jenis printer dengan kecepatan tinggi.

5.    Printer Drum

Pada printer drum, karakter terletak di permukaan luar drum metal. Proses pencetakan dilakukan dengan memutar drum sampai pada karakter yang diinginkan.

6.    Printer Laser-Jet

Merupakan jenis printer yang bagus kualitasnya, di mana printer ini menggunakan tinta bubuk (toner) dan infra merah dalam mencetak dokumen. Sama halnya dengan Printer Chain, printer ini juga memiliki daya cetak tinggi. Cocok digunakan untuk perusahaan cetak/penerbitan

7.    Printer Garment

Digunakan untuk pencetakan pada perusahaan garment atau kain. Media cetak yang digunakan meliputi kain, kaos, katun, dan sejenisnya. Tinta yang digunakan pada printer ini adalah tinta cair textile khusus untuk kain.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis printer yang biasa digunakan membantu mencetak berbagai hal. Yuk, gunakan!

Post a Comment

0 Comments