Kenapa Pengiriman Barang dari Luar Negeri Tidak Kunjung Tiba?

Pernahkah Anda merasa kesal ataupun marah karena pengiriman barang dari luar negeri yang sudah sekian lama ditunggu tidak juga kunjung tiba? Nah, memang, pengiriman yang terlambat adalah salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Hal ini merupakan salah satu konsekuensi perkembangan e-commerce yang pesat di mana volume pengiriman barang meningkat drastis.



Namun, meskipun volume pengiriman sangat banyak, ekspedisi profesional tentu memiliki strategi yang tepat untuk melakukan antisipasi. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa faktor yang kerap menjadi sebab kenapa pengiriman barang dari luar negeri yang Anda tunggu tidak kunjung datang.

Beberapa faktor ini nantinya bisa dijadikan alasan untuk memilih ekspedisi yang tepat dalam pemesanan. Apa saja faktor yang dimaksud? Simak ulasan selengkapnya!

Faktor Penyebab Pengiriman Barang dari Luar Negeri Tertunda

Jarak yang lebih jauh dan juga panjangnya proses mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa pengiriman barang dari luar negeri cenderung lebih lama. Namun, di samping alasan tersebut, ada beberapa faktor penyebab lainnya yang terkadang cukup menjengkelkan.

Beberapa faktor yang menyebabkan pengiriman barang dari luar negeri tersebut lama sampai diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Alamat yang kurang jelas

Masalah yang kerap menjadi sebab kenapa kiriman paket yang ditunggu tidak kunjung tiba adalah karena alamat yang kurang jelas. Bisa jadi kesalahan ada pada pihak pengirim di mana mereka menuliskan alamat yang salah atau tidak lengkap. Namun, kesalahan juga bisa terjadi pada penerima yang kurang detail memberikan alamat.

Oleh karenanya, sebelum melakukan transaksi, pastikan jika alamat pengiriman sudah lengkap, termasuk elemen terkecil, seperti RT, kode pos dan lainnya. Jika diperlukan, Anda juga bisa memberikan semacam petunjuk untuk patokan. Tentu saja, lakukan konfirmasi jika pengirim menanyakan alamat tersebut.

2)      Tidak ada penerima

Alasan lain kenapa paket yang dikirimkan dari luar negeri tidak kunjung tiba adalah karena tidak ada penerima di rumah atau alamat tujuan. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya peraturan dari pihak ekspedisi di mana penerima haruslah orang dalam alamat tersebut dan tidak bisa diwakilkan demi keamanan paket.

Jika hal tersebut terjadi, maka pihak ekspedisi akan membawa kembali paket yang dikirimkan tersebut. Paket akan kembali masuk gudang dan nantinya diproses seperti sebelumnya. Hal inilah yang sering membuat pengiriman paket menjadi lebih lama.

Hal yang sama adalah nomor telepon penerima yang tidak aktif. Memang, nomor telepon menjadi hal yang esensial karena memudahkan pihak kurir menemukan alamat. Oleh karenanya, jika nomor telepon tidak aktif, bisa jadi pengiriman paket akan cenderung terhambat.

3)      Paket rusak atau hilang

Dalam pengiriman paket, tentu ada risiko yang membayangi, terlebih pada pengiriman barang dari luar negeri. Ya, jarak yang lebih jauh akan memberikan risiko yang lebih besar pada pengiriman tersebut.

Dalam hal ini, salah satu sebab kenapa paket tak kunjung tiba adalah paket yang rusak ataupun justru hilang. Paket yang rusak bisa jadi tertahan di kantor pengiriman, terlebih jika kerusakan membuat alamat penerima hilang.

Selain itu, jika Anda merasa bahwa paket sudah terkirim dan tak kunjung tiba meskipun bisa dilacak, bisa jadi paket Anda hilang. Cobalah lakukan konfirmasi pada penjual untuk kemudian diteruskan ke pihak ekspedisi agar mendapatkan penggantian yang layak.

Nah, beberapa masalah terkait pengiriman paket telat memang sangat mengganggu. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda menggunakan layanan ekspedisi yang tepat.

Untuk pilihan ekspedisi internasional, Anda bisa menggunakan layanan yang ditawarkan Kilo.id. Tidak hanya pengiriman yang lebih cepat, besaran ongkir ke Singapura dan negara lain pun juga lebih murah!

Deskripsi: pengiriman barang dari luar negeri bisa jadi terlambat karena beberapa hal. Ketahui sebab tersebut agar paket yang Anda pesan cenderung aman.

Post a Comment

0 Comments